Thursday, June 4, 2009

Bolu Tape Ketan Item

Ternyata tape ketan yang dicampur dalam adonan bolu rasanya enak. Seger asem tape bercampur manis dari bolu, bisa jadi alternatif lain untuk mengolah tape ketan selain dijadikan puding.

Hatur nuhun kanggo Teh Endah Gandjarsari yang udah kasih resep dan juga tape ketan itemnya juga. Lengkap euy... Belio ini owner PKI alias Peuyeum Ketan Indah. Sempet masuk dalam salah satu episode Laptop si Unyil waktu edisi cara pembuatan peuyeum ketan. Gak salah emang bisa masuk TV soalnya tape ketannya emang raos pisaaan... :)

Oiya di resep asli tape ketannya diblender. Saya enggak soalnya bingung ngeblendernya gimana, apa ditambah air atau santan supaya blendernya bisa muter.

Next bakalan saya coba untuk ngeblender tape ketannya dengan sedikit air/santan supaya rasanya lebih ngeblend kedalam bolunya. Soalnya yang saya bikin, kayaknya tape ketan yang dicampur ke bolu-nya kurang buanyaaak... :D


















BOLU TAPE KETAN ITEM
Recipe by Endah Gandjarsari
Untuk 2 loyang 10x20 cm

Bahan :
3 telur utuh
2 kuning telur
150 gr gula halus --> saya pake 130 gr gula pasir
1 sdt SP
1 sdt vanilli
7 sdm tepung terigu
1/2 sdt soda kue
75 gr susu bubuk
100 ml minyak sayur
100 gr tape ketan item diblender kasar --> saya pake 150 gr tape utuh, plus beberapa gram tambahan untuk toping

Method :
  • Ayak semua bahan kering, sisihkan.
  • Alasi loyang dengan kertas roti, olesi margarin.
  • Panaskan kukusan dengan api sedang. Alasi tutupnya dengan serbet
  • Kocok telur, gula, dan SP sampe mengembang, kental, dan berjejak.
  • Masukkan ayakan bahan kering, aduk.
  • Tambahkan minyak sayur, aduk rata.
  • Terakhir masukkan tape ketan, aduk rata.
  • Tuang ke dalam loyang --> saya pake cucing untuk membuat talam/kue mangkok yang diolesi minyak
  • Kukus 20-40 menit sampai matang.

No comments: