Friday, May 22, 2009

Chicken Nugget Keju

Banyak banget versi resep Chicken Nugget. Setelah mencoba beberapa kali, kesimpulan saya jangan pakai terlalu banyak roti tawar supaya gurih ayamnya tetep kerasa dan teksturnya nggak terlalu halus. Ada sih resepnya Mba Femmy Jco yang nggak pake roti tawar, tapi metodenya dipanggang bukan dikukus. Huks.. Lagi males ketemuan sama Oven.. :D Tapi next bakalan aku coba deh..

Keidean buat bikin Chicken Nugget waktu liat wall photo-nya Mba Eka Widiyati di Facebook. Thanks banget Mba Eka udah diingetin untuk bikin Nugget lagi. Lumayan buat ngurangin budget makan di Hoka Bento. Soalnya Rifa udah percaya kalo Nugget bikinan Ibu-nya itu sama dengan Egg Chicken Roll Hokben kesukaan dia. Padahal beda banget rasanya... :D

Saya pakai keju parut buat nambahin gurih. Jadi gak perlu penambahan MSG sama sekali. Menguntungkan sekali lo bikin Chicken Nugget sendiri.. Lebih terjamin bahan-bahannya, lebih sehat karena gak pake pengawet, pewarna, dan zat kimia lainnya.

Oiya Nugget-nya baru difoto setelah abis 1/4-nya. Hasil jadinya banyak banget kok...


CHICKEN NUGGET KEJU
resep Chicken Nugget kompilasi dari berbagai sumber

Bahan :
500 gr daging ayam giling/cincang
1 lembar roti tawar tanpa kulit, rendam dalam 100 ml susu cair sampai hancur
2 sdm tepung tapioka --> bisa diganti tepung maizena
2 butir telur ayam, kocok lepas
50-100 gr keju cheddar parut --> banyaknya sesuai selera aja yah
1 sdt bawang putih goreng, haluskan

Bumbu :
Garlic powder, merica bubuk, pala bubuk, garam, dan gula pasir secukupnya

Lapisan :
3 butir telur, kocok lepas
Tepung roti secukupnya

Cara Membuat :
  • Campur semua bahan jadi satu.
  • Masukkan dalam loyang kotak/loaf yang sudah diolesi minyak/margarin --> berhubung loyang kotak saya nggak muat masuk ke kukusan, akhirnya saya pake loyang bulat diameter 18 cm.
  • Kukus sampai matang. Angkat, dinginkan.
  • Keluarkan dari loyang, potong-potong kotak.
  • Celupkan dalam kocokan telur, masukkan ke dalam tepung panir sampai terbalut rata.
  • Diamkan di kulkas sekitar 1 jam sebelum digoreng agar tepung melekat sempurna.
Notes :
  • Alasi tutup kukusan dengan serbet agar air tidak menetes ke atas nugget.
  • Kemas nugget dalam wadah kedap udara, simpan di freezer/bagian penyimpanan daging agar lebih tahan lama.

5 comments:

Ike Hermawan said...

pernah bikin nuget, tapi anak2 kurang suka euy, makanya jadi males...coba resep ini lah, nugget mahal didieu, sakilo 13 dolar, abis selama 4 hari saja, buat ngemil anak, klo bikin kan , ayam cincang 7 dolaran, bisa dapet lebih dari sekilo nugget...:)
coba resep ateu yeuhhh...:D

Mira Assjarif said...

Mangga dicobian... Atau nyobian resep Mba Femmy geura. Pasti lebih enak karena dipanggang. Jadi ayamnya juga wangi. Kalo dikukus kayak gini teksturnya agak basah. Tapi tergantung selera juga yah.. :)

DAPUR WIDIYATI said...

Pakai nugget ayam pakai keju tambah enak Mir....
untuk pengukus emang yang bentuk kokta lebih leluasa ya..tapi gak pa pa pakai yang bulat....tinggal pinggirannya bisayanya saya pakai capuran untuk sup ...

Anonymous said...

Untuk takaran bumbunya (garlic powder,lada, pala, garam & gula pasirnya) msg2 brp Ɣªª mba..

‎​⌣˚Ʈ♓ªƞƘ ♧ ƔoƱ˚⌣•‎​..

Anonymous said...

Mbaa..makasii banget yahh sharing nya..resepnya uda ku coba nih, hasilnya maknyuss...

Hehehe...sekarang aku mau numpang tanya boleh yah?

Kalau mau bikin nuget ikan tuna boleh di share kah resepnya? Apakah sama saja seperti nuget ayam ini?

Terimakasih Ɣªª mba...
Salam,
Rosi