Sunday, August 2, 2009

Ngulik si Fondant

Udah lama kepengen banget megang yang namanya fondant atau plastic icing. Sempet kesampean megang sebentar waktu Teh Sofie bawa cup cake berhias fondant buatannya ke Nge-Bar KBB#12 kemaren. Ternyata lucuuu.. Jadi makin pengen nyoba. Akhirnya beli lah satu kilo plastic icing di Kijang Mas.. truiiing..

Percobaan pertama nyoba ngehias cupcake buat ulang tahun pacarnya adik saya. Itu pun ngebut banget. Malem mau diambil, baru dikerjain sore. Akhirnya cuma jadi 2 cup cake yang pake fondant, yang 2 sisanya dibikinin Vanilla Choco Chips Muffin pake hiasan ganache pandan dan choco sprinkle. Hiasan ngasal saking mati gaya kepepet waktu...



Nyobain pertama ini so teu banget.. Langsung gilas aja sambil ditaburi maizena. Hasilnya si fondant gampang kering dan cracked pas dibentuk. Gataunya kata Yohana dan Rurie, buat ngebentuknya kita kudu ngolesin tangan kita pake shortening biar fondant-nyatetep gemulai... Oalaaaah... begitu tooh...

2 hari kemudian, membulatken tekad buat ngolah sisa fondant yang masih segunung. Mengingat Rifa keukeuh pengen Cake Nemo buat ultahnya nanti, akhirnya nyobain bikin clown fish yang (aslinya) lucu ini. Dengan amunisi seadanya karena gak punya peralatan buat shaping figurine, maju terus aja deh.. Warna oranye diperoleh dengan mencampur merah dan kuning. Warna coklat tua dicobain pake pasta mocca campur merah dan hijau.

Setelah jadi... Waks... Hasilnya ternyata butut... Woaaaa Nemo apaan inih?? Bisa dimaki-maki sama Pixar deh gue..



Foto yang paling bawah apaan tuh?
Hihihihihi... Itu adalah jawaban atas rasa penasaran gue sama pertanyaan : seperti apa sih bentuk cake lapis fondant ketika dipotong... Akhirnya nyobain bikin pake sebongkah fruit cake, lalu ditutupin fondant. Maksud hati pengen bikin tempat tidur pake selimut dan bantal. Tapi jadinya kok malah unidentified object gini yah.. Gapapa deh yang penting tersepona ngeliat penampakan cake fondant ketika dipotong. Norak lu, Mir..

Kesimpulannya...

Gile... bikin figurine itu pekerjaan yang sangat telaten...!! Mikir-mikir deh kalo mau bikin whole cake pake hiasan figurine yang segambreng. Salut banget buat para Seniman Kue yang terbiasa menerima pesana Cake dengan hiasan fondant atau yang biasa disebut Carving Cake. No wonder harganya jauh lebih tinggi dari Cake dengan lapis butter cream biasa.. Ya iya lah ini sih udah masuk kategori art work.



Semoga tar Rifa ultah, si Nemo-nya udah agak cakepan dikit biar gak malu dipajang di sekolahnya nanti...


Buat referensi, bisa buka artikel punya Mba Ira Chocoloveid yang mengulas tentang fondant. Lumayan lengkap! DISINI yah.

6 comments:

Rachmah Setyawati said...

Olalaa...itu Nemo jadi imut dan keren begitu Mira....ayo Lanjutkan !

Mira Assjarif said...

Masa?? Aduh Mba R aku tak sanggup ngerjain yang beginian.. Telaten bangeeed... Tanganku gampang gatel.. hiihihihihi.. Thanks yo Mba.. :)

Sofie said...

ayoooo Mir.... diulik terus..
pasti bisa :)
sy jg pengen nyobain lagi euy, bikin addict ternyata hehehe...

Mira Assjarif said...

Hahahahaha.. Berarti bener kata yang udah megang Fondant.. Bikin ketagihaaan.. :D

Mira harus nyari waktu yang pas buat nguliknya euy.. Kalo pas Rifa lagi maceuh mah wedeeh... dadag deh.. :)

Teh Sofie, duh itu foto Oreo Pudingnya di Flickr kereeen..

Julie said...

jiaahh keren mbak udah pegang fondant, aku nemu fondant aja belom. bikin sendiri lengket n lembyeek bgt, ga bisa diapa2in cuma bisa dilempar ke tempat sampah :sad:

Mira Assjarif said...

Julie, wah rajin banget bikin sendiri.. Kalo di Bandung sih tinggal beli ke TBK. :)