Saturday, August 8, 2009

Tumpeng, Choux, Pie, and One Hilarious Family

Tanggal 9 Agustus kemarin, adik ipar saya berulang tahun. Adik saya sudah berencana mau pesen tumpeng buat syukuran kecil-kecilan ultah suaminya yang juga berbarengan dengan aniversary pernikahannya yang ke 2. Tapi ternyata menjelang hari H, Mama saya bilang pengen bikin tumpeng sendiri. Dan whoala.... Kalo Mama bilang "bisa", pasti bisa.. :)


Agak blur.. Maklum ada mahluk kecil yang gak mau diem ikut difoto jadinya blur.. :D

Percaya gak kalo tumpeng selengkap diatas itu semuanya dibuat sendiri sama Mama dan Papa saya tercinta? Beliau berdua memang sudah terbiasa masak dalam jumlah banyak, dan waktu yang mefet surefet. Bayangin aja, acara syukuran diadakan ba'da Ashar, tumpeng dan lauk pauknya baru mulai dibikin jam 9 pagi. Hahahahaha...

Kita anak-anaknya sih udah biasa sama kegiatan "pakepuk dan pakupis" ini. Maklum lah Mama dan Papa saya keduanya anak tertua. Jadi rumah orangtua saya selalu dijadikan base camp untuk acara kumpul keluarga. Dan dari dulu memang Mama saya terbiasa menyiapkan hidangan dalam jumlah besar. Kalo beliau merasa sanggup, pasti akan masak sendiri. Kecuali kalo acaranya cukup besar, kadang suka pesan ke catering langganan. Dan selalu salut deh sama kedua orangtua saya. Tanpa pembantu pun mereka bisa menyajikan sesuatu yang sehebat ini. Mantaaaaaab... :)



Oiya saya yang bertugas menghias nyiru/nampan bambu buat alas tumpeng. Aslinya ini nampan udah bulukan banget. Terus sama adik bungsu saya dilapisin pake daun pisang. Hiasan pinggirannya standar lah saya pake daun pisang dibentuk segitiga. Tapi eh tapi.. Karena gak ada hekter yang gede, akhirnya daun pisangnya pada rontok deh.. Terpaksa dihekter ulang ke dasar nyiru. Terus dilapis lagi pake daun pisang yang agak banyak.

Sempet deg-degan juga waktu Papa saya mengangkat tumpeng yang baru matang dari kukusan tumpeng yang panjang dan besar itu. Mudah-mudahan pas dibalik tumpengnya steady. Dan ternyata alhamdulilah mendarat dengan mulus walaupun posisinya kurang ke tengah. Lalu lauk pauknya saya susun mengelilingi tumpeng. Ada ayam goreng rempah, pindang telur, urap sayuran, sambal goreng tempe, sambal goreng kentang, dan sambal terasi. Hiasannya pake tomat yang dibelah membentuk bunga, ketimun yang diiris zig zag, dan batang leunca. Hihihihii ternyata menyenangkan juga menghias tumpeng begini. Jadi kepengen belajar bikin miniatur angsa atau hiasan dari sayuran. Kapan-kapan boleh juga nih dipelajari biar bisa kayak Mba Lisa Basuki... hohohohoho...

Saya juga nyumbang Mini Pie dan Soes isi Vla Cokelat. Sebenernya Adik saya cuma pesen Mini Pie aja. Tapi buat nambahin cemilan, saya bikinin Soes isi Vla Cokelat. Dan ternyata.. Soes ini ludes sebelum acara syukuran dimulai. Sampe shock pas liat loyang kue soes, maaaaak..!! Tinggal 6 biji lagi???? Untung masih sempet nyomot 4 biji buat difoto sebentar. Udah gitu langsung masuk mulut deh daripada gak kebagian.. :D



Oiya kemaren tuh kesulitan banget nyari strawberry yang bagus. Entah memang bukan musim panen kayaknya. Kebanyakan strawberry yang dijual warnanya gak asik. Saya udah nyaranin adik saya buat ganti topingnya pake fruit cocktail, tapi adik saya menolak katanya Suaminya gak doyan. Ya udin buahnya pake strawberry doang deh.. Soalnya gak sempet beli kiwi juga. Yang penting enak karena dasar pienya saya olesi dulu pake DCC. Nyam...



Hem.. itu ada Lapis Surabaya buat Cake Ultah sapa yang bikin, Mir? *takut ditanya sama seseorang di Suroboyo sono...ih geer..

Itu cake hadiah dari Ibunda yang Ultah. Kalo lihat dari dus-nya sih buatan Toko Kue Tabitha di Jl. Sunda - Bandung. Sumpah deh cake-nya lembut buanged. Spongy tapi gak seret. Sampe bingung kok bisa yah bikin cake selembut ini. Kalo udah gini masuknya kategori Lapis Surabaya atau Cotton Cake ya? Pas dipotong gak ada remah cake yang jatuh sama sekali. Ck ck ck... Tapi sayang butter creamnya pake yang murahan.. Wahahahahah..

Huff... My dear hilarious family, I love you so much... :)

Kakek, Nenek & Cucu di Baso Lela - Bandung & Our lovely new comer, Keyhan.. :)

2 comments:

Ike Hermawan said...

hiji sama...ngakak ningali Rifaaaa....:D..
eta baby meni montoxxxxx.....

Mira G. Lestari said...

iyah si bakpau disebutna oge.. :D