Tuesday, November 30, 2010

Bangket Melon Keju


Tantangan KBB kali ini diseragamkan sama event NCC Bangket. Jadinya udah bisa dipastikan Bulan November ini aneka jenis kue bangket bertebaran dimana-mana..

Bangket ini adalah biskuit tradisional yang bahan dasarnya tepung sagu. Modifikasinya banyak.. Ada yang pake terigu, kacang, tepung ketan item, dan lain-lain.

Pilihan saya jatuh sama Bangket Susu nya Mba Nadrah. Soalnya kayaknya yang paling gampang, gapake telor, dan simple banget. Gataunya gampang nyampurnya, ribet di nyetaknya. Mawur-mawur sampe terus nambah mentega dikit-dikit supaya setelah dipress gak hancur waktu dikeluarkan dari cetakan.

Percobaan pertama bikin pake 5 rasa. Melon, mocca, greentea, vanilla, sama strawberry. Saya paliiing suka rasa melon. Walopun sebel karena pasta nya gak bisa nge-blend sama adonan. Jadinya bangketnya bintik-bintik. Tapi rasanya terlalu maniiis... Huhuhuhu atit gigi..



Akhirnya percobaan kedua bikin lagi 1/2 resep. SKM diganti santan kara yang sudah dicampur pasta melon. Tapi teuteup aja warnanya gamau nge-blend sempurna...



Selain itu saya tambahkan juga 100 gr parutan keju cheddar. Iiih enyak bangeeeeettt.. Gamau berenti makan. Lumer di mulut pake sensasi gurih garing dari keju. Lupa deh sama jempol nyut-nyutan pas nyetaknya.

Bikin Bangket gini pake 1/2 resep aja hasilnya mayan yak... Untung sebelumnya udah dapet sharing dari temen-temen KBB di BBM group kalo bikin 1 resep hasilnya buanyaaakkk bangeud. Kudu siap-siap korbankan jempol..


Bangket Melon Keju

Modifikasi Bangket Susu - Nadrah Shahab

Bahan :
250 gr tepung sagu --> pake merk Alini
1 helai daun pandan, ikat
75 gr gula halus
50-70 gr margarin --> pakai buttermix
40 gr santan instant
1 sdt pasta melon
100 gr keju cheddar parut




Cara Membuat :

  • Sangrai tepung sagu dengan daun pandan sampai daun nya layu. Dinginkan
  • Campur santan kental dengan pasta melon, aduk rata.
  • Campur tepung sagu dengan margarin dan santan, aduk-aduk menggunakan pastry knife sampai tercampur.
  • Masukkan keju parut, aduk rata.
  • Cetak menggunakan cetakan bangket, press dengan jempol, lalu keluarkan dan susun di atas loyang.
  • Oven 140'C selama 10-20 menit. Dinginkan, baru simpan dalam toples.

Notes :
Saya gak pake cetakan bangket. Udah beli tapi kok susah banget ngeluarinnya. Jadinya pake cetakan puding mini dari bahan plastik yang gak terlalu keras. Hadiah dari salah satu produk agar-agar waktu beli di PRJ. Hiyahahahahaha.. Tapi enak banget pakenya. Bangketnya gampang dikeluarin tinggal teken bawahnya aja. :D


5 comments:

Indonesia Eats said...

Pastinya kalo pake tepung sagu or tapioka jadi gluten free. Memang kue2 Asia pd dasarnya lebih ama buat penderita celiac

Ini aku ngebayangin aroma durian, terong belanda, pisang ambon nyam nyam

Unknown said...

pengen rasa melon, pasti wangi yaaa...

Mira G. Lestari said...

Mba Peppy : iya bener Mba.. kemaren diskusi sama Mba Emma soal tepung2 lokal sebenernya harus diangkat karena manfaatnya lebih bagus dari terigu, anti alergi. Emang kudu terus dipromosiin ni kue2 tradisional kayak gini.. :D

Mba Arfi : enyaaak.. segeerr.. wangii.. hihihihihi..

Unknown said...

wuih seru warna/i gitcu. pengen nyoba yg pake tepung sagu n tapioka ah klo nemu tepungnya disini nanti.

molly said...

emang top Mira..rajin pisan klo ngerjain tantangan