Sunday, July 31, 2011

Rich Chocolate Tart






Karena tau Juli bakalan hectic sama kegiatan liburan dan juga tahun ajaran baru, persiapan Rifa masuk SD etc etc.. akhirnya colek Mamajo dan Yuyun yang kebetulan rumahnya deketan buat ngerjain bareng. Tapi yang akhirnya bisa nongol hanya Mamajo itupun setelah beberapa kali nyasar salah jalan. Padahal deket aja rumahnya ke rumah eike (deket sementara, next bakalan super duper jauh tak terkira...)



Ngerjain PR ini berdua Jo beneran lancar jaya gak ada kesulitan apapun. Hasil akhir ada dua versi karena bikin dalam satu loyang besar dan beberapa loyang alful mini yang dipanggang berbarengan. Yang loyang alful mini diangkat duluan karena udah menggelembung. Yang besar tengahnya masih geal geol pas diangkat tapi ternyata itu yang kunci enaknya pie ini. Not overbaked. Yang kecil teksturnya jadi seperti brownies, sedangkan yang besar moiiiiist sekale. Lumer dilidah mirip tekstur cheese cake.

Kalo soal rasa, dua-duanya juara. Gimana enggak, perpaduan Lindt Chilli dan Tulip Easimelt bener-bener bikin rasa pie ini cocok dijuduli Rich Chocolate Tart.


Rich Chocolate Tart
Best Food: Desserts. The Australian Women Weekly.


Pastry :

185g tepung terigu
25g coklat bubuk
55g icing sugar mixture
150g mentega dingin, cincang
2 kuning telur
1 sdt air dingin

Campur tepung, bubuk coklat, gula dan mentega di dalam mangkuk FP, lalu proses hingga tercampur rata. Masukkan kuning telur dan air, proses lagi hingga menggumpal. Uleni adonan hingga lembut. Tutup menggunakan plastik, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

Panaskan oven, suhu sedang (moderate).

Giling adonan pastry hingga cukup lebar untuk memuat loyang tart bongkar pasang ukuran 24cm yang sudah diolesi mentega hingga ke sisi2nya. Letakkan pastry ke dalam loyang, tekan-tekan ke sisi-sisinya, lalu ratakan pinggirannya. Tutup, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

Tutup pastry dengan baking paper, isi dengan kacang2an kering atau beras, letakkan di atas loyang oven. Panggang tanpa ditutup selama 15 menit. Keluarkan kertas dan kacang2an/beras, panggang lagi 10 menit hingga sedang kecoklatan. Dinginkan.


Chocolate Filling
4 kuning telur
2 butir telur
55g gula caster
80ml krim kental
300 gr DCC, lelehkan
1 sdt ekstrak vanilla

Kocok kuning telur, telur dan gula caster di dalam mangkuk kecil dengan mixer hingga kental dan creamy. Masukkan krim, coklat dan ekstrak. Tuang adonan coklat ke dalam pastry yang sudah dipanggang. Panggang selama 30 menit atau hingga filling matang/set. Dinginkan selama 10 menit. Jika suka taburi dengan ekstra coklat bubuk, hidangkan.



tadaaaaa.....


3 comments:

Rachmah Setyawati said...

Ehemmm...naga2nya ada yg udah upgrade kamera neh?? heheh cakep2 fotonya oiyy

Arfi Binsted said...

*ikut ehem juga hihihii
Mira, emang Jo belum pernah main ke rumahmu apa ya pake nyasar2 segala? hiihihi... apalagi gw ya *loh

Mary's Pastry Lab said...

wah keliatannya lezat banget mbak... *slurp*